Sinergi Merketplace - simpleaja.id
Morela Sanggar Budaya Maluku
Konferensi Pers Yayasan Dompet Dhuafa Maluku dengan Pemerintah Negeri Morela.

MORELA DALAM SANGGAR BUDAYA MALUKU

SinergiNews – Kota Ambon, 27/12/2022. Morela merupakan salah satu negeri adat Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku. Negeri yang penuh dengan kearifan lokal, sarat dengan tempat bersejarah, serta banyak situs peninggalan yang wajib untuk dijaga dan dirawat. Negeri tersebut memiliki banyak budaya dan adat istiadat yang tidak kalah saing dengan negeri lainnya Maluku, bahkan seluruh Indonesia.

Dengan adanya keunikan-keunikan budaya, Dompet Dhuafa Cabang Maluku memilihnya sebagai negeri binaan. Karena yayasan tersebut telah mencanangkan program serambi budaya pada seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Maluku. Hal tersebut untuk menjaga dan melestraikan budaya-budaya peninggalan para leluhur sehingga tidak hilang tertelan zaman.

Morela Cagar Budaya
Konferensi pers Yayasan Dompet Dhuafa Cabang Maluku bersama Raja, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda Negeri Morela. (Foto: Istimewa)

Tepat pada Minggu (26/12/2021) kemarin, Yayasan Dompet Dhuafa Cabang Maluku melakukan konferensi pers yang menghadirkan beberapa media. Pada kesempatan tersebut pihak Dompet Dhuafa mengundang raja negeri, kepala adat, pemuda dan wakil kepala pemuda. Mereka mendapat undangan dari yayasan sesuai dengan kapasitasnya dalam negeri yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan budaya tersebut.

Menurut La Jainuri, Ketua Cabang Dompet Dhuafa Maluku, Morela adalah negeri yang unik akan budaya dan kearifan lokal. Sehingga Morela merupakan satu-satunya negeri Maluku yang terpilih sebagai negeri binaan pada program serambi budaya Yayasan Dompet Dhuafa. Hal tersebut terlihat dari salah satu budaya yang unik, yaitu Pukul Manyapu serta tempat wisata yang sangat memikat.

About Sehe Sinergi

Tinggalkan Balasan