Sinergi Merketplace - simpleaja.id
makam
Makam keramat yang berada di tengah sawah, tidak jauh dari lokasi Pasar Gentongan, Dukuh Gentongan, Desa Jogosetran, Kec. Kalikotes Kab. Klaten, Jateng. (Foto: Sadikin Sinergi)

MENGUAK TABIR MAKAM KERAMAT PENDIRI DUKUH DARI ABAD 19


SinergiNews – Kab. Klaten, 29/04/2022. Dukuh Gentongan, Desa Jogosetran, Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten, Jawa Tengah merupakan sebuah wilayah yang terkenal bagi sebagian besar warga Kabupaten Klaten. Hal itu karena pada wilayah tersebut terdapat sebuah pasar yang bernama “Gentongan”, diambil dari salah satu makam keramat tengah sawah berjarak 100 m dari pasar.

Identitas penghuni makam tersebut belum diketahui secara pasti, namun masyarakat setempat menjulukinya sebagai Mbah Gentong. hal itu karena semasa hidupnya ia bekerja sebagai pengrajin gerabah berbentuk gentong dan gerabah lainnya.

Makam Kyai Gentong, terletak Dukuh Gentongan, Desa Jogosetran, Kec. Kalikotes Kab, Klaten, Jateng. (Foto: Sadikin Sinergi)

Achmad, warga setempat menjelaskan, makam tersebut kemungkinan sudah ada sejak abad ke-19. Hal itu karena ada kemungkinan Mbah Gentong masih ada kaitannya dengan Perang Jawa saat ekspansi menuju wilayah Kasunanan Surakarta pada periode 1825-1830.

Silakan Baca Juga :  KEPENGURUSAN BARU PGRI GERAK CEPAT EKSEKUSI PROKER

“Entah itu beliau tergabung dengan pasukan laskar Diponegoro atau emang sejak awal sebagai masyarakat biasa yang mendiami wilayah tersebut. Kemudian membuat kawasan itu menjadi sebuah pemukiman sembari menjadi penjual gentong dari gerabah,” ujarnya, Jumat (29/04/2022).

Silakan Baca Juga :  SOAL BEBAS MASKER, WALI KOTA: KEMBALI PADA KEYAKINAN WARGA

Achmad menampik jika Mbah Gentong hidup sebelum abad ke-19, karena makam-makam sebelum abad ke-19 kebanyakan sudah hancur dan tidak dipugar masyarakat waktu itu. Selain itu, persebaran masyarakat sebelum abad ke-19 masih belum merata, sehingga dengan terjadinya pergolakan Perang Jawa, kemungkinan persebarannya mulai banyak dan merata pada wilayah eks Mataram Islam ini.

Silakan Baca Juga :  DANA READY, STADION SANGKURIANG BAKAL MULAI PERBAIKAN

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan