angklung
Pertunjukan angklung di Saung Angklung Udjo, Kota Bandung. (Foto: Jurnal Asia)

EKOSISTEM TERSEDIA, BANDUNG DINILAI PANTAS JADI “KOTA ANGKLUNG”

SinergiNews – Kota Bandung, 12/05/2022. Kota Bandung, Jawa Barat akan mendeklarasikan diri sebagai “Kota Angklung” pada 21 Mei 2022 mendatang. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari dalam Bandung Menjawab, Rabu (11/05/2022).

Silakan Baca Juga :  INSIDEN DI EVENT PERDANA SIRKUIT MANDALIKA

Rencananya, acara ini akan digelar di Plaza Balai Kota pada 21 Mei 2022. “Hal ini didasari berbagai kajian bahwa memang sudah sepantasnya Kota Bandung menjadi kota angklung,” ujar Kenny, sapaan akrabnya.

Kadisbudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari. (Foto: Pemkot Bandung)

Menurutnya, indikator kelayakan Kota Kembang menjadi Kota Angklung antara lain ekosistem angklung Kota Bandung sudah tersedia. Meliputi seniman, komunitas, unsur pendidikan, literatur, serta aktivitas dan industri pariwisatanya.

Silakan Baca Juga :  PEREMPUAN BISA BERPROFESI APAPUN, ASALKAN ADA AKSES

Di Kota Bandung sendiri terdapat sebuah perguruan tinggi yang menawarkan program studi angklung dan musik bambu. Angklung juga menjadi ekstrakurikuler di beberapa sekolah menengah.

Silakan Baca Juga :  PERINGATAN HGN 2021, GURU HARUS BERINTEGRITAS TINGGI

“Selain itu sejarah angklung di Kota Bandung juga di tahun 1930-an. Pak Daeng Soetigna mempelopori kehadiran angklung,” kata Kenny.

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan