Sinergi Merketplace - simpleaja.id
bandung
IPAL Bojongsoang, Kab. Bandung. (Foto: Ayobandung)

BANDUNG TAK PERLU LAGI “NEBENG” SUMBER AIR TETANGGA

SinergiNews – Kota Bandung, 17/06/2022. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung penuh rehabilitasi Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Bojongsoang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar). Rehabilitasi tersebut merupakan proyek Integrated Citarum Wastewater Management bagian dari Green Infrastructure Initiative (GII) kerja sama antara Indonesia-Jerman.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, rehabilitasi IPAL Bojongsoang dapat meningkatkan produksi air bersih di Kota Bandung, Jabar. Saat ini menurut Ema, Kota Bandung belum memiliki sumber air baku.

ipal bojongsoang
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat menghadiri Rapat Koordinasi dari Kemenkomarves tentang pembahasan kegiatan GII, Kamis (16/06/2022). (Foto: Pemkot Bandung)

“Di satu sisi Bandung tidak memiliki sumber air baku, Bandung air bakunya dari Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung. Idealnya sumber air baku ini ada,” ujarnya saat menghadiri Rapat Koordinasi dari Kemenkomarves tentang pembahasan kegiatan GII, Kamis (16/06/2022).

Silakan Baca Juga :  SANKSI TEGAS BAGI ASN YANG NEKAT CUTI AKHIR TAHUN

Ema berharap, IPAL Bojongsoang dapat mengakomodir kebutuhan air bersih di Kota Bandung dan daerah sekitarnya. “Apabila air limbah domestik dapat diolah bisa dipakai minum dan mandi, hal ini akan mereduksi program Citarum Harum,” katanya.

Silakan Baca Juga :  BNN CIMAHI GRATISKAN REHAB PECANDU, INI SYARATNYA

Sementara itu, Asisten Deputi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kemenkomarves Mochamad Saleh Nugrahadi mengatakan, program rehabilitasi ini bertujuan mengurangi limbah domestik di DAS Citarum. Menurut Saleh, saat ini Rehabilitasi IPAL Bojongsoang masih pada tahap pra-studi kelayakan oleh tim konsultan GII.

Silakan Baca Juga :  DAMPAK PUTUSNYA JEMBATAN BENENAIN PADA EKONOMI WARGA

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan