Sinergi Merketplace - simpleaja.id
mpr ri
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menerima Dubes RI untuk AS Rosan Roeslani di DKI Jakarta, Rabu (27/07/2022). (Foto: MPR RI)

EKSPOR REMPAH TINGGI, RI BISA GENJOT GASTRODIPLOMASI KULINER

SinergiNews – DKI Jakarta, 28/07/2022. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap kepemimpinan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani bisa meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia-AS. Menurut Bamsoet, latar belakang Rosan sebagai pengusaha juga memberikan nilai lebih agar KBRI Washington, AS bisa menarik sebanyak mungkin investor dari AS untuk berinvestasi di Indonesia.

Ia menjelaskan, peluang investasi di Indonesia antara lain industri kesehatan, teknologi finansial, dan teknologi ramah lingkungan. Serta pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) khususnya pembangkit listrik yang bersumber dari panas dan angin.

Lanjut Bamsoet, dalam mempromosikan Indonesia sebagai destinasi investasi bagi AS, Rosan bisa memanfaatkan forum US Chamber of Commerce dan US-ASEAN Business Council yang di dalamnya berisi ratusan pengusaha AS. Selain mendatangkan investasi, KBRI Washington juga harus bisa menciptakan diferensiasi pasar bagi berbagai produk Indonesia agar bisa masuk ke AS.

Salah satu peluang yang bisa ditingkatkan yakni pada sektor gastrodiplomasi kuliner, yakni berupa produk rempah-rempah Indonesia. Ia membeberkan, nilai ekspor rempah-rempah Indonesia ke AS pada tahun 2020 mencapai USD 175 juta.

“Pada periode Januari-Juni 2021, meningkat 1,22% menjadi USD 83,25 juta. Menunjukan bahwa peluang pasar AS untuk produk rempah-rempah Indonesia masih sangat tinggi,” jelas Bamsoet usai menerima Rosan di DKI Jakarta, Rabu (27/07/2022).

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan