Sinergi Merketplace - simpleaja.id
lkbh
Pelantikan Pengurus Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Medica Yustisia KORPRI Kab. Lampura Masa Bakti Tahun 2022-2027 di ruang Tapis Setdakab Lampura, Senin (10/10/2022). (Foto: Humas)

URGENSI LKBH BAGI PENYELENGGARA PEMERINTAHAN

SinergiNews – Kab. Lampung Utara, 11/10/2022. Bupati Lampung Utara (Lampura) Budi Utomo merasa bersyukur, di Kabupaten Lampura telah terbentuk kepengurusan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) Medica Yustisia KORPRI Kabupaten Lampura Masa Bakti Tahun 2022-2027. Hal itu Budi ungkapkan saat menghadiri pelantikan kepengurusan tersebut di ruang Tapis Setdakab Lampung Utara, Senin (10/10/2022).

Bupati menyadari, dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pemerintahan dan pembangunan tentunya dihadapkan pada berbagai kemungkinan terjadinya permasalahan hukum. Di sinilah pentingnya LKBH hadir sebagai tempat berkonsultasi dan memberikan bantuan hukum dalam rangka untuk penegakan hukum itu sendiri, agar marwah nilai-nilai keadilan tetap terjaga dan terpelihara.

lkbh
(Foto: Humas)

“Mudah-mudahan apa yang telah kita kerjakan bersama ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan kita semua. Saya ucapkan selamat bertugas kepada Pengurus Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Medica Yustisia KORPRI Kabupaten Lampung Utara Masa Bakti Tahun 2022-2027,” tandasnya.

Silakan Baca Juga :  BANJIR MASIKA JAYA, PEMDA SBB DINILAI ABAIKAN PROBLEM WARGA

Sebagaimana diketahui bersama, sambung Budi, dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), pada Pasal 21 dan Pasal 22 menegaskan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) berhak memperoleh perlindungan. Kemudian Pasal 92 dan Pasal 106 menegaskan bahwa pemerintah wajib memberikan perlindungan berupa perlindungan hukum.

Silakan Baca Juga :  HARI IBU, DPC PARTAI DEMOKRAT JOMBANG GELAR LOMBA SENAM

Adapun di dalam Pasal 126 menegaskan bahwa Organisasi Korps Profesi ASN memiliki fungsi memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN yang menghadapi permasalahan hukum.

Silakan Baca Juga :  HUJAN DERAS, KOTA CIMAHI DIKEPUNG BANJIR

About Yuheri Sinergi

Tinggalkan Balasan