Fomepizole, antidot gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak. (Foto: Freepik)
Fomepizole, antidot gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak. (Foto: Freepik)

159 ANAK RI GANGGUAN GINJAL AKUT, DUNIA ULURKAN ANTIDOT

SinergiNews – DKI Jakarta, 29/10/2022. Sejumlah negara telah menawarkan pengiriman fomepizole, antidot gangguan ginjal akut yang menjangkiti anak-anak di Indonesia. Kabar itu disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, Kamis (27/10/2022) kemarin.

Sekretaris Bidang Tim Percepatan Pemulihan Ekonomi (TPPE) Kemlu, Lintang Paramitasari, mengatakan, Indonesia telah menerima 16 vial fomepizole dari Australia pada Selasa (25/10/2022). Selain itu, Jepang juga berniat menyalurkan ratusan vial fomepizole untuk Indonesia.

Silakan Baca Juga :  POLRES ACEH UTARA GELAR VAKSINASI DI DUA LOKASI INI

“Sejauh yang kami ketahui, pihak Takeda dari Jepang akan mengirim 100 hingga 200 vial,” ujar Lintang, dilansir Kumparan. Selain itu, pihaknya juga menghubungi perusahaan mitra dari Amerika Serikat, Singapura, dan Malaysia.

Silakan Baca Juga :  SAMBUT IMLEK, INI PESAN YAQUT UNTUK MASYARAKAT TIONGHOA

“Dalam rangka penanganan kasus Acute Kidney Injury (AKI) atau gangguan ginjal akut pada anak-anak Indonesia, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan telah melakukan berbagai upaya pengadaan fomepizole dengan sejumlah perusahaan di berbagai negara,” jelasnya.

Fomepizole atau 4-methylpyrazole adalah yang digunakan untuk mengobati keracunan Etilen Glikol (EG) atau Dietilen Glikol (DEG). Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah melarang kedua bahan itu dalam sirup obat batuk karena diduga menyebabkan gangguan ginjal akut.

Silakan Baca Juga :  DIKETOK PALU 30 JUNI, DPR UNGKAP BOCORAN DRAF RUU KIA

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan