Sinergi Merketplace - simpleaja.id
Pelatihan Jurnalistik Warga. Yayasan Plan Indonesia, Predikt dan LSM KOMPAS bersama Diskominfo Kabupaten Cianjur.

Diskominfo Cianjur Bersama Yayasan Plan Gelar Pelatihan Jurnalistik Warga

Yayasan Plan International Indonesia Paparkan Pilar Pokja Pelibatan Masyarakat

Nasrus Syukroni ST yang menjadi pembicara dari YPII, mengangkat materi tentang mekanisme koordinasi dan pelibatan masyarakat dalam penanganan darurat bencana (PDB). YPII yang aktif memberikan bantuan Pemerintah Kabupaten Cianjur dalam penanggulangan bencana, selain program pelatihan jurnalistik warga, juga telah menggulirkan berbagai program bantuan lainnya.

Nasrus Syukroni ST – Emergency Renponse Specialist di Yayasan Plan International Indonesia saat sedang memberikan materi Pelibatan Masyarakat pada acara Sosialisasi dan Pelatihan Jurnalistik Warga di Aula Gedung Bapperinda Kab. Cianjur. Kamis, 26 Januari 2023. (Foto: Fitri)

“Pelibatan masyarakat adalah segala upaya yang dilakukan untuk mendorong masyarakat terlibat aktif dalam setiap siklus respon penanggulangan bencana. Implementasinya bisa melalui bertukar informasi, mengambil keputusan, dan respon. Tujuan utamanya adalah agar respon yang dilakukan itu cepat, tepat, sesuai dengan dengan kebutuhan dan tentunya memiliki nilai manfaat,” terang Roni yang menjabat sebagai Emergency Renponse Specialist di Yayasan Plan International Indonesia.

Silakan Baca Juga :  PEMKOT BANDUNG PERKUAT KEAHLIAN PEJABAT FUNGSIONAL

Roni menerangkan bahwa ada tiga pilar dalam pokja pelibatan masyarakat, diantaranya informasi dan komunikasi, mekanisme umpan balik dan partisipasi. Untuk tahap implementasi dapat dilakukan melalui 4M, yaitu mendengarkan, mengkategorikan, menindaklanjuti dan menutup.

Silakan Baca Juga :  BADAI SALJU IRINGI KEMENGANAN TIPIS MANCHESTER CITY

About Redaksi

Tinggalkan Balasan