Relawan Lakukan Pembuktian “Ketajaman” Aplikasi “Piso Dapur”, Ini Hasilnya …

Sinerginews – Kab. Cianjur. Pasca mengikuti pelatihan jurnalistik warga yang diinisiasi oleh Yayasan Plan International Indonesia yang melibatkan Predikt dan LSM KOMPAS yang dikerjasamakan dengan Diskominfo Kabupaten Cianjur di Aula Gedung Bapperinda Kabupaten Cianjur pada Kamis, 26 Januari 2023, para peserta didampingi dan dibimbing untuk membuat rencana tindaklanjut dan diupayakan dapat mengaplikasikan hasil pelatihan di lingkungannya.

Perlu diketahui, bahwa dalam pelatihan yang digelar para peserta diberikan wawasan tentang citizen journalism atau jurnalistik warga dan sosialiasi penggunaan dua platform digital, yaitu platform umpan balik bernama Loop (https://linktr.ee/loopindonesia) serta aplikasi Piso Dapur (https://pisodapur.jabarprov.go.id/) buatan Pemprov Jabar yang diperuntukan sebagai sarana dalam penyebaran informasi, koordinasi maupun permintaan bantuan bagi warga penyintas gempa Cianjur.

Silakan Baca Juga :  SID BONGKAR MENTAL BLOCK PARA PEMUDA SUMBA

Pembuktian “Ketajaman” Aplikasi “Piso Dapur”

Relawan LSM KOMPAS (Koordinat Masyarakat Pejuang Aspirasi) asal Kp. Tugu Desa Cibeureum Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Prihartini (47) yang menjadi salahsatu peserta pelatihan langsung melakukan pembuktian.

Atikah (kiri) dan Prihartini (kanan) saat mengikuti Pelatihan Jurnalistik Warga, pada Kamis (26/01/2023). Foto: Budhi.

“Pada hari Jum’at sehari setelah mengikuti pelatihan, saya bersama Teh Atikah (sesama relawan, red) melakukan pembuktian benar tidaknya kemanfaatan aplikasi Piso Dapur. Saya mencoba meminta bantuan untuk kebutuhan warga berupa terpal 2 lembar dan popok bayi 2 pack dan melengkapi syarat sesuai ketentuan yang ada. Dan ternyata tidak sampai 24 jam permintaan saya sudah direspon dengan mendapat balasan agar langsung mengambil barang yang diminta ke salahsatu gudang sesuai yang tertera dalam pesan singkat,” ujar perempuan yang aktif menjadi relawan swadaya dalam membantu masyarakat korban gempa di lingkungannya ini.

Contoh Notifikasi balasan permohonan dari Pisodapur.

Prihartini mengatakan bahwa aplikasi Piso Dapur terbukti bermanfaat dan menjadi solusi nyata dalam memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan. Prihartini pun langsung mengabarkan ke grup whatsapp relawan bahwa Piso Dapur terbukti “tajam” dan jangan ragu menyebarkan informasi tautannya ke masyarakat.

Silakan Baca Juga :  RAKOOR BAPEMPERDA BERSAMA TIM PENYUSUN PERDA

About Redaksi

Check Also

PDAM PEMALANG BERKURBAN

SinergiNews, Pemalang Jateng –  Perumda [Perusahaan Umum Daerah] Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang membagikan …

Tinggalkan Balasan