Jurnalistik Warga

Punya hobi menulis? Pindai untuk Gabung ke Group Whatsapp Jurnalistik Warga. (QR Code nya unik… ga usah dipindai, langsung sentuh aja … , dah langsung masuk… biar gaya aja pake QR Code … :D)


<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/TAUJoRYQ4Oo" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>


Sumber: https://www.instagram.com/reel/CoJyjJ8AoAc/?igshid=Yzg5MTU1MDY=

Gaays… Kamis, 2 Februari 2023 ada informasi Penting nih dari Pak Bupati Cianjur – H. Herman Suherman.

Terkait data rumah rusak berat, sedang dan ringan. Termasuk yang daerah Cugenang. Kata Bupati, masih ada waktu untuk memperbaiki data dan formulir sudah disebar dimasing-masing kantor desa.

Untuk lebih lengkapnya, simak videonya aja ya …


Relawan Cianjur Ngobrol Santai dan Ngopi Bareng Sestama BNPB

Lilik Kurniawan selaku Sekretaris Utama (Sestama) Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak para relawan kebencanaan yang masih berada di Kabupaten Cianjur untuk bersilaturahmi.

Acara ngobrol santai sembari ngopi bareng ini, digelar pada hari Rabu, tanggal 1 Februari 2023, pukul dua hinggal empat sore di El Mera Cafe Cilaku Kabupaten Cianjur.

Dalam daftar hadir, sekitar lima puluhan lebih relawan yang datang dari berbagai organisasi dan lembaga kemanusiaan. Terlihat hadir ditengah-tengah peserta lain, diantaranya Dadan Sudardja dari LPBI NU Jabar, Saep dari Info Cianjur, Fajar Budhi dan Fitri Kurniawati dari LSM KOMPAS.

Lilik berpesan kepada relawan untuk tetap menjaga jalinan silaturahmi dan sinergitas.

“Saya bangga dapat berkumpul dengan semua relawan yang tanpa pamrih membantu saudara-saudaranya di Cianjur ini. Kita harus tetap menjaga jalinan silaturahmi dan sinergitas,” ungkap Lilik.

Semua relawan yang hadir diberi kesempatan untuk menyampaikan cerita curahan hatinya, sembari menikmati hidangan makanan dan minuman.

Di akhir acara, untuk menguatkan semangat nasionalisme, para peserta diajak Lilik untuk bersama-sama menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

Budhi (42) / Relawan LSM KOMPAS / Kp. Padarincang – Sukanagalih – Pacet – Cianjur.


Testimoni Warga penerima Manfaat PISODAPUR
Selasa, 31 Januari 2023. Tempat di posko 8 Kp tugu RT 04 RW 03 salah satu warga penyintas di sini telah merasakan ketajaman pisodapur dan serunya berbagi cerita lewat loop… Ayooo manfaatkan platform Loop dan Pisodapur.
Jurnalis Warga: Atikah – Relawan LSM Kompas.

Hari Senin, 30 Januari 2023 Relawan LSM KOMPAS mengadakan kegiatan mengunjungi warga di Kp Buniaga RT 02/06 Ds Ciherang Kec Pacet yang masih berada di tenda. Kali ini relawan membantu dan memaparkan warga dalam menggunakan platform Pisodapur & Loop sebagai platform umpan balik warga penyintas gempa Cianjur. Diharapkan lewat platform ini warga dapat menyampaikan kebutuhannya maupun berbagi perihal apa yang dirasakannya.

Muhammad Taufik Ramdani (27) / Relawan LSM KOMPAS / Kp. Buniaga – Ciherang – Pacet – Cianjur.


Gempa Senin, 21 November 2022 yang mengguncang Cianjur Jawa barat, berpusat di titik Cugenang ini berdampak pada Kampung tugu Desa Cibeureum.

Gempa Senin, 21 November 2022 yang mengguncang Cianjur Jawa barat, berpusat di titik Cugenang ini berdampak pada Kampung tugu Desa Cibeureum.

Dua bulan paska gempa warga Kp Tugu RT 04 RW 03 masih banyak yang tinggal di posko pengungsian, karena rumah mereka tidak layak huni. Kehawatiran gempa susulan masih belum hilang pada diri para penyintas.

Pagi ini Senin tanggal 30 Januari 2023 tepatnya di sekolah darurat Posko 8, seperti biasa saya mendampingi anak-anak penyintas belajar sambil bermain untuk mengurangi rasa trauma mereka. Mereka begitu semangat meskipun cuaca hari ini mendung dan berkabut, hari ini mereka belajar berlatih untuk kegiatan Isro Mi’raj yang akan dilaksanakan minggu depan.

Begitu bersemangatnya mereka berlatih, belajar dan bermain bersama teman-temannya, senyum yang kemarin sempat hilang kini mulai tersusun rapi di wajah mereka,gelak tawa dan semangat mereka, meyakinkan bahwa kita bisa, pulih dan bangkit.

Atikah (33) / Relawan LSM KOMPAS – Pengajar / Kp. Tugu – Cibeureum – Cugenang – Cianjur.


Gempa Cianjur pada tanggal 21 Nopember 2022, menjadi sejarah tersendiri bagi warga Cianjur, khususnya warga di Cibulakan. Guncangan gempa yang demikian hebat mampu mengguncang rasa aman warga disana, pasca gempa Senin siang itu ratusan gempa susulan terjadi.

Kehawatiran dan rasa takut berkecamuk dalam dada, namun berkat tatapan mata bocah-bocah di sana, mengingat masa depan mereka yang masih panjang maka perlahan namun pasti warga dan pemerintah bahu-membahu meniti harapan baru.

Membangun sekolah, rumah ibadah dan pemukiman yang tentu tidak akan sama dengan yang sebelumnya. Meski demikian warga tidak ingin tenggelam dalam kesedihan, susunan batu bata kini mulai dirangkai dengan rapi, jalan-jalan, dan pipa-pipa jalur air sedang diperbaiki.

Masih ada harapan, ada keinginan, ada impian yang ingin diraih yakni Cianjur kembali bangkit dan pulih. Bencana tidak membunuh selama kita serius mempersiapkan diri untuk meminimalisir resiko, selalu ada hikmah di setiap kejadian.

Yuk tetap semangat Cianjurku.

Metri (35) / Relawan LSM KOMPAS – Pengajar / Maleber – Karangtengah – Cianjur.


TPQ Al Mukarromah yang beralamat di Ds. Limbangan Sari, Kab. Cianjur merupakan salah satu sekolah yang mengalami kerusakan akibat gempa Cianjur 21 Nopember 2022. Sejak peristiwa tersebut santri-santri TPQ Al Mukarromah terpaksa harus belajar di sekolah darurat.

Setiap hari para guru selalu memotivasi santri agar tetap semangat belajar dan menjalani hari seperti biasanya. Dibalut rasa khawatir akan gempa susulan ada secercah harapan yang mereka langitkan.

Hal ini nampak saat relawan dari Rumah Handayani berkunjung (19/1/23) untuk bersilaturahmi. Mereka mengajak para santri untuk menuangkan harapan dan keinginannya dalam bentuk catatan simulasi pohon harapan.

Para santri sangat antusias menungkan keinginan-keinginannya dalam secarik kertas notepad. Ada perasaan lega, bahagia dan setidaknya tumbuh semangat baru untuk terus bersama menjalani ujian ini tanpa keluhan tanpa kesedihan, karena ternyata kita tidak sendirian karena kehadiran seorang teman mampu menjadi penguat di tengah badai kesulitan.

Salam literasi.

Metri (35) / Relawan LSM KOMPAS – Pengajar / Maleber – Karangtengah – Cianjur.

Diskominfo Cianjur dan Yayasan Plan bersama Predikt juga LSM KOMPAS gelar Pelatihan Jurnalistik Warga yang dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Januari 2023 jam 08.00-15.00 WIB. Tempat di Gedung Bappeda Jl. Raya Bandung No.65. Bojong, Kec. Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43281. Yang menjadi undangan pada kegiatan ini, terdiri dari para admin media sosial di 16 kecamatan se-Kabupaten Cianjur, perwakilan relawan dari LSM KOMPAS, perwakilan relawan Tagana, perwakilan relawan BPBD dan perwakilan relawan IKP Diskominfo. Seminar ini bertujuan untuk ningkatkan pemanfaatan media sosial sebagai jendela informasi kegiatan pemerintah daerah terkait bencana gempa Cianjur.

Lia (22) / Relawan LSM KOMPAS / Songgom – Gekbrong – Cianjur.


Langit Boleh Kelabu, Semangat Kami Selalu Biru

Hari Minggu pada 29 Januari 2023,  Relawan LSM KOMPAS bekerjasama dengan Yayasan  Muslim Indonesia,  Asia Muslim Charity Fundation (AMCF), dan Bron Channel telah berhasil membuat sarana mandi cuci kakus (MCK) umum sebanyak dua unit.

MCK ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang masih berada di lokasi pengungsian Kampung Buniaga RT 03/06, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. 

Meskipun langit tampak kelabu, namun semangat para relawan untuk memberikan manfaat bagi sesama warga tidak goyah sedikitpun, alias tetap membiru laksana langit cerah. Mereka bekerja dengan senang hati, warga pun menyambut dengan penuh suka cita.

Sebagai bentuk terimakasih warga terhadap relawan, mereka menyajikan teh hangat dan camilan gorengan. Kebersamaan dan kekeluargaan ini menjadi pelangi tersendiri di tengah kondisi pasca bencana gempa Cianjur yang terjadi pada 21 Nopember 2022 lalu. 

Mulyadi dan Muhamad Taufik Ramdani yang berjiwa humanitarian beserta warga menunjukan bukti nyata bahwa masyarakat Cianjur masih memegang nilai-nilai gotong royong. 

Muhammad Taufik Ramdani (27) / Relawan LSM KOMPAS / Kp. Buniaga – Ciherang – Pacet – Cianjur.

Editor : Irawan, Koordinator Jurnalistik Warga


Indahnya Kebersamaan

Pada hari Jum’at, 27 Januari 2023, kami melaksanakan kegiatan gotong royong secara swadaya di lahan lokasi bekas pengungsian/evakuasi di Kp Buniaga RT 03/06 Ds. Ciherang Kec. Cugenang Kabupaten Cianjur.

Gotong royong yang kami lakukan adalah suatu bentuk ucapan terima kasih kepada Bapak Hoer yang telah meminjamkan lahannya untuk pengungsian, agar saat ini dapat digunakan kembali sebagai area pertanian.

Awal cerita, pasca terjadinya gempa Cianjur yang berkekuatan 5,6 magnitudo (M) bulan November tahun lalu, masyarakat mengungsi.

Hal tersebut karena didorong oleh suatu keresahan dan trauma. Apalagi banyak sekali gempa susulan yang sering terjadi. Sehingga kami segara mengevakuasi masyarakat ketempat yang lebih aman.

Pada saat itu, kami para pemuda segera membuat tenda pengungsian dilokasi perkebunan. Padahal lahan yang kami gunakan itu baru saja dicangkul oleh pengelolanya, yaitu Bapak Hoer.

Kami para pengungsi berada dilahan itu selama kurun waktu 2 Bulan. Kami merasa, keberadaan kami telah merugikan Bapak Hoer, karena lahannya jadi tidak terolah karena ditempati sebagai tempat mendirikan tenda-tenda pengungsian.

Untuk itu, kami para koordinator bersama masyarakat yang masih tinggal dipengungsian bermusyawarah untuk mencari permufakatan dan solusi.

Setidaknya, ada dua persoalan yang menjadi dilematis yang menyeruak dalam diri kami, para koordinator dan masyarakat.

Pertama, kami tidak ingin terus merugikan Bapak Hoer selaku pengelola lahan yang saat ini digunakan untuk pengungsian. Kedua, kami menjaga perasaan masyarakat yang belum bisa pulang karena rumahnya tidak layak huni.

Berdasarkan hasil musyawarah, alhamdulillah kami akhirnya mendapat permufakatan, dengan memutuskan untuk pindah ke lokasi lain dan menempati lahan sewaan untuk relokasi pengungsian. Agar semua merasa nyaman.

Nah, gotong royong yang kami lakukan adalah sebagai wujud ucapan terima kasih kepada Bapak Hoer yang telah meminjamkan lahannya selama 2 bulan untuk tempat pengungsian.

Kami bersama masyarakat di pengungsian mengembalikan kondisi lahan seperti semula, agar dapat diolah kembali menjadi lahan pertanian.

Muhammad Taufik Ramdani (27) / Relawan LSM KOMPAS / Kp. Buniaga – Ciherang – Pacet – Cianjur.


“PISODAPUR Aplikasinya sudah terbukti, barang tinggal diambil di hari dan jam operasional. Semoga teman atau warga yang sudah share link PISODAPUR bisa memanfaatkannya”

Prihartini Dwi Hastuti (47) / Relawan LSM KOMPAS / Kp. Tugu – Cibeureum – Cugenang – Cianjur



Testimoni Peserta Pelatihan Jurnalistik Warga / Citizen Journalism


“Menurut saya, kegiatan pelatihan jurnalistik warga sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi kaum muda yang sangat akrab dengan media sosial. Dengan pelatihan ini akan menambah pengetahuan para peserta, terutama dalam hal bagaimana membuat narasi yang baik dan benar dalam membuat tulisan informasi atau pemberitaan,”

Irawan Ayeng (63) / Relawan LSM KOMPAS – Dosen / Cimahi Tengah – Kota Cimahi


“Alhamdulillah, salah satu anugerah terindah bagi saya bisa mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik Warga yang diadakan Diskominfo Cianjur, Yayasan Plan International Indonesia, Predikt dan LSM KOMPAS. Kegiatan ini kembali menghidupkan ruh menulis saya yang sudah lama mati suri. Semoga kedepan pelatihan ini dapat dilaksanakan secara berkala. Terima Kasih dan Sukses Bersama,”

Metri (35) / Relawan LSM KOMPAS – Pengajar / Maleber – Karangtengah – Cianjur


“Pelatihan Jurnalistik Warga ini sangat bagus dan sangat mudah dimengerti. Materi-materinya disampaikan dengan baik, sehingga baik materi platform aplikasi, jurnalistik termasuk cara pengambilan gambar jurnalistiknya pun sangat mudah dipahami,”

Ahmad Humam Abdurouf (19) / Relawan LSM KOMPAS / Hegarmanah – Karangtengah – Cianjur


<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/mkUOZNwn0Hg" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/Noh6sRvEuww" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/LWOzm18Jd2M" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/Rh2FjGPVr9k" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/-tYsig67SiU" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/-_ueuVpbefE" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/PpCSeGUGr2k" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/DH5Muq9lpR4" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/UpEJm61719w" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/svKtfkN9CoQ" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/-3Yf6O0WsM4" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/GAAL_qok-1c" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" allowfullscreen></iframe>

Kirimkan testimonimu sendiri dan berinteraksi dengan para relawan lainnya.

Tuliskan dalam kolom komentar dibawah ini:

Tinggalkan Balasan



Satu tanggapan untuk “Jurnalistik Warga”

  1. Avatar Fajar Budhi Wibowo
    Fajar Budhi Wibowo

    Tetap semangat untuk para relawan…


Punya hobi menulis? Pindai untuk Gabung ke Group Whatsapp Jurnalistik Warga. (QR Code nya unik… ga usah dipindai, langsung sentuh aja … , dah langsung masuk… biar gaya aja pake QR Code … :D)

Khusus Warga Penyintas Gempa Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Untuk Informasi, Permohonan Bantuan, dll. Silahkan Pilih PISODAPUR.

Klik pada gambar dibawah ini:

Klik di sini

Untuk Mengisi Umpan Balik, dll. Silahkan Pilih LOOP.

Klik pada gambar dibawah ini:

Klik di sini



One comment

  1. Fajar Budhi Wibowo

    Tetap semangat untuk para relawan…

Tinggalkan Balasan