Sinergi Merketplace - simpleaja.id
merdeka belajar
Salah satu Sekolah Penggerak yang menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. (Foto: SMPN 2 Trucuk)

DIKLAIM TINGKATKAN PRESTASI, DPR UNGKAP KELEMAHAN MERDEKA BELAJAR

SinergiNews – Kota Palembang, 15/06/2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kota Palembang, Sumatera Selatan masih terkendala dengan sarana penunjang, terutama Information Technology (IT). Kurikulum tersebut memiliki konsentrasi pengembangan pembelajaran yang fleksibel, tetapi kemudian ketergantungannya terhadap akses internet menjadi lebih kuat.

“Nah ini menjadi masalah bagi penyelenggara atau sekolah-sekolah di Palembang. Saya bisa membayangkan bagaimana dengan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar ini di daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T) yang belum bisa akses internet,” ujar Anggota Komisi X DPR RI Zainuddin Maliki, Senin (13/06/2022).

merdeka belajar
Anggota Komisi X DPR RI Zainuddin Maliki saat mengikuti Kunspek Komisi X DPR menyerap asprasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Kota Palembang, Sumsel, Senin (15/06/2022). (Foto: DPR RI)

Lanjut Zainuddin, kurikulum ini dari segi konsep memang menempatkan sumber belajar yang tidak hanya terbatas pada guru dan buku, tetapi juga kehidupan yang luas. Misalnya jika belajar tentang ekonomi dengan pendekatan utility memanfaatkan pasar, para siswa-siswi langsung terjun ke pasar atau disimulasikan.

Silakan Baca Juga :  TOLERANSI SOSIAL-POLITIK MASYARAKAT RI MASIH LEMAH

“Nah, kalau mensimulasikan itu ‘kan butuh teknologi. Di sinilah kelemahan dari implementasi Kurikulum Merdeka Belajar ini yang dijalankan oleh sekolah penggerak,” sambungnya.

Silakan Baca Juga :  MENDAG LEPAS EKSPOR AKHIR TAHUN SENILAI TRILIUNAN RUPIAH

Diketahui, sekolah penggerak telah dijalankan di sekolah-sekolah yang kompeten, dan berdasarkan evaluasi dari Kemendikbud, terjadi peningkatan prestasi belajar. Capaian literasi angkanya menjadi 570, sedangkan saat menerapkan Kurikulum 2013 hanya mencapai angka 532.

Silakan Baca Juga :  PENYELENGGARA BERULAH, 4.000 JEMAAH HAJI GAGAL BERANGKAT

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan