Sinergi Merketplace - simpleaja.id
Foto buah apel jenis Manalagi di Desa Tubuhue yang cukup produktif sesudah pengembangbiakkan. (foto: Istimewa)
Foto buah apel jenis Manalagi di Desa Tubuhue yang cukup produktif sesudah pengembangbiakkan. (foto: Istimewa)

HEBAT! HILANG 30 TAHUN, APEL TTS AKAN JADI PRIMADONA LAGI

SinergiNews – Kab. Timor Tengah Selatan, 14/02/2022. Johanes I. S. Baok (56), salah satu staf Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), kembali menemukan cara pembudidayaan pohon apel TTS sesudah 30 tahun punah. Jhys, sapaan akrabnya, mengaku, ini merupakan percobaan kesekian kalinya. Karena sudah banyak kali pihak pemerintah berupaya dengan berbagai cara, namun berakhir sia-sia.

Silakan Baca Juga :  LEDAKAN PETASAN GUNCANG RUMAH, POLISI AKUI SALAH PERHITUNGAN

Kegagalan itu membuat banyak pihak beranggapan bahwa apel TTS masih akan sulit tumbuh sebelum 50 tahun, tetapi tidak bagi Jhys. Ketika SinergiNews menghubunginya pada Minggu, (13/02/2022), Jhys mengaku, ide pembudidayaan pohon apel ini muncul ketika ia dan rekannya menemukan empat pohon apel TTS asli pada 2000 silam.

Silakan Baca Juga :  JALAN PENGHUBUNG WAELENGGA-LETE PUTUS, INI PENYEBABNYA

Foto Johanes I. S. Baok (berjenggot putih) dan rekan kerjanya Melkior Selan saat pertama kali menemukan jenis Apel Rome Beauty di Desa Pubasu, Maret 2016. (foto: Istimewa)

Keempat pohon apel yang berada tepatnya Desa Tubuhue, Kecamatan Tobu, Kabupaten TTS itu tumbuh cukup subur dan ada peluang untuk menghasilkan bibit baru. Dengan tekad yang kuat dan semangat untuk kembali menghidupkan apel TTS, Jhys dan beberapa rekannya membuat uji coba.

Silakan Baca Juga :  RIBUAN ANAK YATIM PANJATKAN DOA UNTUK BANGSA INDONESIA

Baca halaman selanjutnya …

About Weren Taseseb

Tinggalkan Balasan