Sinergi Merketplace - simpleaja.id
"Klarifikasi ini bukan untuk membenarkan sikap, tapi hanya untuk menjelaskan saja" _Ust. Khalid Basalamah.

KHALID BASALAMAH TENTANG WAYANG DAN DALANG, MUI BERI RESPON

Klarifikasi Ustaz Khalid Basalamah

Dalam tayangan youtube Khalid Basalamah Official, Sang ustaz telah memberikan klarifikasi dan permohonan maaf. Ustaz Khalid Basalamah menerangkan maksud dari perkataan dan pernyataanya.

“Pertanyaan masalah wayang, saya katakan alangkah baiknya dan kami sarankan agar menjadikan Islam sebagai tradisi bukan menjadikan tradisi sebagai Islam. Tidak ada kata-kata mengharamkan. Makna kata-kata ini berarti kalau ada tradisi yang sejalan silakan jalankan tetapi jika ada yang bertentangan ditinggalkan,” terangnya.

Klarifikasi Ustaz Khalid Basalamah terkait pemusnahan wayang. Foto: Potongan Video.
Klarifikasi Ustaz Khalid Basalamah terkait pemusnahan wayang. Foto: Potongan Video.

Perihal pernytaaan atas pertanyaan jamaah tentang tobatnya dalang. Ia menjawab siapapun dai muslim akan senang jika seorang muslimin bertobat. Jika ingin bertobat maka tobat nasuha, kembali ke Allah dengan tobat yang benar..

“Maka jika ada orang yang bertobat dalam hal ini dalang maka mau diapakan wayang-wayang tersebut yaitu dimusnahkan. Saya katakan sebatas itu, tidak sama sekali berpikir atau berniat menghapus sejarah nenek moyang Indonesia atau menyuruh dalang-dalang seluruh indonesia harus bertobat atau seluruh wayang dimusnahkan. Jika Anda mau melakukannya itu hak Anda, saya ditanya dalam lingkup pengajian saya,” papar basalamah.

Ustaz Khalid Basalamah juga mengungkapkan permohonan maaf atas penyataannya. “Saya dalam kesempatan ini menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya dari hati nurani kami kepada seluruh pihak yang merasa terganggu atau tersinggung dengan jawaban kami tersebut. Mudah-mudahan permintaan maaf ini bisa dimaklumi, Klarifikasi ini bukan untuk membenarkan sikap, tapi hanya untuk menjelaskan saja,” tambahnya.

About

Tinggalkan Balasan