Sinergi Merketplace - simpleaja.id
madrasah
Ilustrasi pendidikan madrasah. (Foto: Kompasiana)

PEMISAHAN MADRASAH PONPES DARI SISDIKNAS, DPR: PENGKHIANATAN

SinergiNews – Kab. Bondowoso, 03/08/2022. Baru-baru ini, muncul wacana pemisahan pondok pesantren dan madrasah dari Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Menanggapi hal itu, Komisi VIII DPR RI menolak dengan tegas rencana Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) tersebut.

Anggota Komisi VIII Mohamad Ali Ridho mengatakan, pihaknya keberatan karena peran penting madrasah dan pondok pesantren salah satunya berfokus pada pendidikan agama dan akhlak. Sehingga tidak mungkin memisahkan keduanya dari Sisdiknas.

“Pendidikan formal yang lain tidak fokus mengajarkan pelajaran agama dan akhlak atau etika, hanya di madrasah ataupun pondok pesantren yang fokus mengajarkan itu. Kita juga jangan melupakan sejarah bawa pondok pesantren dan madrasah adalah bagian dari lembaga pendidikan yang memperjuangkan kemerdekaan,” ujar Ali dalam kunjungan kerja Komisi VIII ke Kabupaten Bondowoso, Jawa Tengah, Senin (01/08/2022). 

Ia membeberkan, Komisi VIII akan memanggil Kementerian Agama (Kemenag) karena pendidikan madrasah dan pondok pesantren itu berada di bawah Kemenag. Pihaknya akan menyampaikan kepada Kemenag untuk menolak rencana tersebut. 

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan