Sinergi Merketplace - simpleaja.id
mandi junub
Ilustrasi mandi. (Foto: Jawapos)

WAJIB TAHU! TUTORIAL MANDI JUNUB DAN BACAAN NIATNYA

SinergiNews – ARTIKEL. Umat Muslim yang sudah melakukan aktivitas seksual diwajibkan membersihkan diri dengan cara mandi junub atau mandi wajib. Kewajiban ini pun juga berlaku bagi perempuan yang telah melewati masa PMS (menstruasi) dan nifas usai melahirkan.

Mandi junub sudah menjadi ketentuan Allah SWT yang tertuang dalam QS Al-Maidah ayat 6 yang isinya sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ – ٦

Silakan Baca Juga :  PRIA BERISTRI 8 DAN HUKUMNYA DARI PERSPEKTIF ISLAM

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku. Dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan maka jika kamu tidak memperoleh air, bertayamumlah dengan debu yang baik (suci). Usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu agar kamu bersyukur.

Tutorial Mandi Junub

Bagaimana tata cara mandi junub yang baik dan benar? Berdasarkan buku berjudul “Mahkota Pengantin” yang ditulis Majdi bin Manshur bin Sayyid asy-Syuri, langkah-langkah mandi junub antara lain:

  1. Mencuci telapak tangan 3 kali;
  2. Mencuci kemaluan dari depan dan belakang secara baik dan merata menggunakan tangan kiri;
  3. Melakukan gerakan wudhu seperti biasa, tetapi tidak boleh sampai menyentuh kemaluan;
  4. Menyela-nyela rambut dengan jari sebanyak 3 kali;
  5. Mengguyur kepala dengan 3 cidukan air;
  6. Membasuh tubuh sebelah kanan dari atas ke bawah tanpa menyentuh kemaluan;
  7. Membasuh tubuh sebelah kiri dari atas ke bawah tanpa menyentuh kemaluan;
  8. Membasuh seluruh tubuh, termasuk mencuci ketiak, pusar, dan belakang lutut.
Silakan Baca Juga :  PRIA BERISTRI 8 DAN HUKUMNYA DARI PERSPEKTIF ISLAM


Sementara untuk bacaan niat mandi junub, tidak ada perbedaan antara lelaki dan perempuan. Yang membedakan bacaan niatnya adalah aktivitas atau kondisi yang mengharuskan seseorang untuk mandi junub sebelumnya.

Silakan Baca Juga :  PRIA BERISTRI 8 DAN HUKUMNYA DARI PERSPEKTIF ISLAM

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan