Sinergi Merketplace - simpleaja.id
pencanangan tanam cabai merah
Pencanangan Gerakan Tanam Cabai Merah serentak di Kel. Pappolo, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone, Sulsel, Senin (26/09/2022). (Foto: Dinas TPHP Kab. Bone)

BUPATI: MANFAATKAN LAHAN KOSONG UNTUK TANAM CABAI

SinergiNews – Kab. Bone, 28/09/2022. Bupati Bone, H.A. Fahsar M. Padjalangi menitip harapan agar Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) bisa menjadi sentra cabai Indonesia. Hal itu ia sampaikan dalam pencanangan Gerakan Tanam Cabai Merah serentak di Kelurahan Pappolo, Kecamatan Tanete Riattang, Selasa (27/09/2022).

“Bone diupayakan jadi sentra cabai. Kalau ini bergerak dan berkesinambungan di bawah kendali H. Andi Asman Sulaiman (Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, TPHP, red), kita tidak perlu lagi mendatangkan cabai dari luar,” kata Fashar.

pencanangan gerakan tanam cabai merah
(Foto: Facebook Dinas TPHP Kabupaten Bone)

Ia menyebutkan, jika setiap rumah minimal menanam tiga pohon, maka masyarakat tidak akan sulit lagi mendapatkan cabai untuk konsumsi. “Saya kira, di bawah kendali Pak Kadis (Kepala Dinas, red) ini, target itu bisa kita capai, apalagi luas lahan di Bone sangat memungkinkan,” tukas Fashar.

Silakan Baca Juga :  115 KELUARGA TERDAMPAK COVID-19 TERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI

Sementara itu, Kadis TPHP Bone, H. Andi Asman Sulaiman menegaskan, ketersediaan bibit cabai merah Kabupaten Bone sangat mencukupi. “Kita ada 50 ribu bibit yang disemai di Lampoko,” katanya.

Silakan Baca Juga :  DINKES: JUMLAH BALITA STUNTING DI CIMAHI MENURUN

Asman juga siap merealisasikan harapan Bupati, menjadikan Bone swasembada pangan khususnya komoditas cabai merah. “Teman-teman penyuluh sudah bergerak dan di beberapa desa itu sudah ada yang berhasil, ke depan kita akan galakkan lagi,”

Silakan Baca Juga :  CAPAIAN VAKSINASI WILKUM ACEH UTARA MENINGKAT

About Zulkarnaem

Tinggalkan Balasan