Sinergi Merketplace - simpleaja.id

TAK BISA PERKUAT PERSATUAN, INDONESIA BISA HILANG DARI PETA

SinergiNews – Kota Bandung, 18/04/2022. “Persatuan di Atas Perbedaan” sejatinya telah menjadi paradigma para sesepuh, pejuang dan pemimpin bangsa pada masanya sampai datangnya negara api. Tanpa embel-embel dan slogan bombastis, para leluhur sudah menjadikan faktor persatuan sebagai semacam aliran darah dalam mengatur dan mengelola warganya.

Demikian pengantar Ganjar Gandapraja, dalam talkshow bertajuk “Berbagi Rahmat di Bulan Rahmat” sebagai bagian program Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Talkshow tersebut merupakan gagasan Sangkur Bela Negara, bekerja sama dengan Pelangi Plaza Purwakarta, bertempat VIP Room The Salis Hotel Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/04/2022).

Silakan Baca Juga :  DEKLARASI DAMAI PILKADES SERENTAK, INI PESAN BUPATI ROHUL

Lebih lanjut Ganjar memaparkan, faktor spirit persatuan peradaban manusia Indonesia dapat melejit paling tidak sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Ada beberapa faktor yang menjadikan persatuan berfungsi sebagai magnet bangsa.

Silakan Baca Juga :  RENCANA PEMEKARAN PROVINSI, DEWAN: JANGAN LIHAT PERSPEKTIF POLITIK

“Pertama, faktor historis, yaitu terjadinya suatu proses tumbuh dan berkembangnya sebuah peradaban suatu bangsa. Kedua, faktor senasib sebagai sebuah bangsa yang menjadi korban penindasan dan penjajahan yang kemudian bangkit secara bersama untuk meraih kemerdekaan,” paparnya.

Silakan Baca Juga :  DIBUKA, KOMPETISI BALAP RESMI UNTUK PEMBALAP LIAR

Kemudian, faktor ketiga, kesamaan harapan dan cita-cita untuk maju, keempat, persamaan pandangan hidup untuk tumbuh menjadi sebuah bangsa yang besar. Kelima, kesamaan peradaban sebagai sebuah puak dengan beragam budaya dan kultur menjadi sebuah peradaban bangsa.

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan