Sinergi Merketplace - simpleaja.id
inderaja
Ilustrasi satelit inderaja. (Foto: Forester Act)

DATA INDERAJA 2021 CETAK REKOR TERTINGGI DALAM 6 TAHUN TERAKHIR

SinergiNews – DKI Jakarta, 17/05/2022. Bergabungnya Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjadikan pelayanan data satelit penginderaan jauh (inderaja) dilakukan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) . Hal itu disampaikan oleh Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Robertus Heru Triharjanto, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Citra Satelit Penginderaan Jauh, Selasa (17/05/2022).

Dalam rangka melaksanakan UU RI No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, SDM eks-LAPAN yang mempunyai peminatan dan kompetensi pelayanan data penginderaan jauh, ditempatkan di Pusdatin. Selain itu juga dilakukan pelatihan pada SDM Pusdatin lainnya oleh Pusat Riset Penginderaan Jauh (PRPJ) ORPA.

Implementasi inderaja untuk memantau fenomena meteorologi dan klimatologi. (Foto: BMKG)

“Atas sinergi yang sangat baik antara Pusdatin dan PRPJ ORPA, pelayanan data inderaja untuk kebakaran hutan, zona potensi ikan, tutupan lahan pertanian, dll, nyaris tidak mengalami interupsi,” jelas Heru. Ia menegaskan, BRIN menjamin keberlanjutan layanan data dan informasi penginderaan jauh bagi seluruh pemangku kepentingan.

“Sebagian besar penyediaan informasi yang dihasilkan dari pengolahan data inderaja, hingga saat ini masih mengandalkan SDM periset ORPA. Sehingga tugas ORPA adalah menjamin tersedianya SDM tersebut, dan mengupayakan alih teknologi tersebut ke masyarakat akademik dan Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi (PPBT),” paparnya.

Silakan Baca Juga :  DUKUN GELAR RITUAL AGAR INDONESIA TAKLUKKAN THAILAND

Heru berpendapat, dengan tersedianya lebih banyak SDM pengolah data inderaja di Indonesia, dampak ekonomi dan sosial yang akan dihasilkan akan semakin besar. Di masa depan, BRIN akan meningkatkan ketersediaan data penginderaan jauh, terutama resolusi sangat tinggi dan radar (SAR) dengan memiliki konstelasi satelit penginderaan jauh operasional.

Silakan Baca Juga :  SEPEKAN, GEDUNG MERDEKA BERHIAS WARNA-WARNI BENDERA

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan