Sinergi Merketplace - simpleaja.id
rokok
Tembakau. (Foto: Pariamantoday)

KERAP DIHUJAT, CUKAI ROKOK JUSTRU JADI CUAN TERBESAR NEGARA

SinergiNews – Kab. Karawang, 04/06/2022. Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI Anis Byarwati mengingatkan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) untuk menindaklanjuti kasus cukai palsu yang kerap terjadi. Ia juga mengingatkan agar Peruri memiliki mekanisme khusus ketika menemukan kerusakan pada cukai yang asli.

Silakan Baca Juga :  PAKAR SARANKAN PPKM DICABUT, DPR: GANGGU PSIKIS MASYARAKAT

“Antisipasi yang telah dilakukan Peruri sendiri seperti apa, supaya ke depan tidak ada lagi pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab menggunakan cukai palsu?” Tanya Anis saat pertemuan Tim Kunjungan Kerja BAKN DPR RI dengan jajaran Perum Peruri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (02/06/2022).

rokok
Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI Anis Byarwati. (Foto: DPR RI)

Dalam kesempatan itu, Pemkab Karawang menyatakan telah menerima dana bagi hasil tembakau sesuai UU. Alokasi dana tersebut yang paling besar digunakan untuk kebutuhan kesehatan, terutama penanganan penyakit paru-paru.

Silakan Baca Juga :  8 TAHUN MANDUL, TOL LAUT DIDUGA ADA PENYIMPANGAN

Anis tidak memungkiri, beberapa pemerintah daerah (Pemda) agak kebingungan dalam memanfaatkan alokasi dana ini, karena setiap tahun ada dana besar untuk mengobati penyakit paru-paru. Pada akhirnya Pemda membuat RS khusus paru-paru seperti yang dilakukan Pemkab Karawang.  

Silakan Baca Juga :  INI TANGGAPAN HUA TERKAIT LIN DAN ANP DI NEGERI WAAI

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan