Sinergi Merketplace - simpleaja.id
(foto: Jaenal Sinergi)
(foto: Jaenal Sinergi)

POLRES MAJALENGKA TANGANI LONGSOR DESA PANYINDANGAN

SinergiNews – Kab. Majalengka, 12/12/2021. Pasca terjadinya musibah longsor Desa Panyindangan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, yang menutup akses jalan sehingga mengganggu jalannya aktivitas warga. Anggota Satuan Samapta Polres Majalengka bersama Polsek Banjaran, Koramil, BPBD, Relawan Kader DPD PKS dan masyarakat Desa Panyindangan melaksanakan kegiatan pembersihan tanah longsor. Sabtu (11/12/2021).

Anggota Satuan Samapta Polres Majalengka bersama Polsek Banjaran, Koramil, BPBD, Relawan Kader DPD PKS dan masyarakat Desa Panyindangan melaksanakan kegiatan pembersihan tanah longsor. Sabtu (11/12/2021). (foto: Jaenal Sinergi)
Anggota Satuan Samapta Polres Majalengka bersama Polsek Banjaran, Koramil, BPBD, Relawan Kader DPD PKS dan masyarakat Desa Panyindangan melaksanakan kegiatan pembersihan tanah longsor. Sabtu (11/12/2021). (foto: Jaenal Sinergi)

 

Surahman, kepala SPPJ wilayah Majalengka menambahkan, longsor yang terjadi pada ruas jalan penghubung 3 provinsi tersebut menambah catatan bencana alam wilayah Banjaran. Pihaknya terus berupaya untuk membenahi lokasi bencana.

“Ini jalan provinsi, jadi pengelolaannya oleh provinsi, maka dari itu kami dan tim terus berupaya untuk segera membenahinya,” jelas Maman sapaannya.

Silakan Baca Juga :  PEMUDA TEMUKAN SESOSOK BAYI, SEMPAT DISANGKA BONEKA

Menanggapi hal ini, jajaran Sat Samapta Polres bersama dengan TNI dan BPBD serta warga sekitar, secara bergotong royong membersihkan tumpukan material tanah dan lumpur pada beberapa tempat. Kegiatan pembersihan ini fokus pada pengangkatan sisa–sisa tanah yang masih menutupi jalan dan lumpur yang masuk ke dalam rumah warga.

 

MEMBANTU WARGA YANG KESULITAN

 

Kegiatan bantuan longsor ini cukup membantu warga yang sedang kesusahan karena tugas pokok polisi sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat.

Silakan Baca Juga :  DUA SEJOLI NIKAH DENGAN MAS KAWIN SELITER MINYAK GORENG

Selain itu Personil Samapta mengevakuasi pohon tumbang dengan menggunakan mesin potong kayu senso dan membersihkan pohon tumbang yang menutupi akses jalan. Tidak butuh waktu lama, akhirnya pohon tumbang dapat dibersihkan. Jalan raya Desa Panyindangan yang tertutup oleh pohon kini dapat dilalui oleh pengendara.

Kapolres Majalengka AKP Edwin Affandi menyampaikan, tanah longsor ini terjadi karena sebelumnya turun hujan deras. Sehingga mengakibatkan tanah longsor yang menimpa jalan Desa Panyindangan Kecamatan Banjaran.

Silakan Baca Juga :  DPN HITU MESSENG BICARA TERKAIT HENA HETU

“Beruntung pada saat kejadian tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, anggota Sat Samapta juga memberikan himbauan kepada warga sekitar untuk meningkatkan kewaspadaan. Guna mengantisipasi dan menghindari adanya hal hal yang tidak diinginkan.

“Kami akan terus lakukan sosialisasi maupun edukasi kepada warga terkait cuaca. Akhir-akhir ini terjadi intensitas curah hujan tinggi, sehingga sangat rawan terjadinya bencana alam,” pungkasnya.***

 

 

Jurnalis: Jaenal Abidin

Editor: Lizikri Damar

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan