Sinergi Merketplace - simpleaja.id
Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP saat memimpin acara pelantikan dan pengambilan sumpah 142 kepala sekolah
Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP saat memimpin acara pelantikan dan pengambilan sumpah 142 kepala sekolah. (foto: humas)

LANTIK KEPSEK SE-KAB MAGELANG, INI PESAN BUPATI ZAENAL

SinergiNews – Kab. Magelang, 17/12/2021. Bupati Magelang Zaenal Arifin melalui Zoom meeting dari Rumah Dinas Bupati, melantik dan mengambil sumpah 142 kepala sekolah (Kepsek) jenjang SD dan SMP Kabupaten Magelang, Rabu (15/12/2021). Zaenal berpesan, Kepsek harus mampu memahami komponen-komponen kompetensi, seperti kepribadian, manajerial, kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial.

Terlebih pada masa pandemi saat ini, yang mana proses kegiatan belajar-mengajar masih harus mematuhi protokol kesehatan (Prokes), maka para pimpinan lembaga pendidikan harus dapat membangun atmosfir pendidikan yang berkualitas. Namun tetap komunikatif, variatif, tidak menjemukan, serta memastikan bahwa siswa tetap mendapatkan pembelajaran, sesuai dengan target pada setiap jenjang pendidikannya.

Silakan Baca Juga :  DUA TAHUN NGANGGUR, SEPARUH ARMADA MUDIK TAK LAIK JALAN

“Untuk itu, Kepala Sekolah dan pimpinan lembaga pendidikan harus mampu menularkan semangat perubahan kepada , siswa dan orang tua secara cepat dan tepat. Dengan cara merancang satu kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi informasi. Selaras dengan kebutuhan zaman serta mendorong tumbuhnya ide, inovasi serta kreativitas dari para peserta didik,” harap Bupati.

125 KEPSEK SD DAN 17 KEPSEK SMP

Sementara itu, Kepsek yang mendapat pelantikan terdiri dari 125 Kepsek SD dan 17 Kepsek SMP. Zaenal berpesan agar mereka segera mengenal lingkungan kerja dan segera beradaptasi dengan tugas dan fungsi yang baru. Kunci keberhasilan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Silakan Baca Juga :  VAKSIN BOOSTER JADI SYARAT MUDIK LEBARAN

Zaenal mengatakan,  suksesnya pendidikan oleh banyak faktor yang saling terkait. Seperti kinerja Kepsek, partisipasi orang tua, masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. Sedangkan antara faktor-faktor tersebut, Kepsek memegang peran yang sangat menentukan.

“Saudara sekalian bisa terjemahkan apa yang saya sampaikan ini dalam kontek pelaksanaan tugas saudara nantinya,” ucap Zaenal.

Silakan Baca Juga :  PDAM LOTENG "SAKIT", PIMPINAN DEWAN AKAN PANGGIL BUPATI

Menurutnya, jabatan adalah amanah yang harus ada pertanggungjawaban.  Jabatan sesungguhnya merupakan sebuah amanah dan kepercayaan yang dari pimpinan maupun Pemerintah Kabupaten Magelang. Itu juga merupakan sebuah ujian bagi diri, yang kelak harus pertanggungjawabkan hadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Oleh karena itu, saudara sekalian harus bekerja dengan sungguh-sungguh. Selalu memegang teguh nilai-nilai kejujuran dengan berlandaskan semangat ibadah dan spirit pengabdian,” tegas Zaenal.***

Jurnalis: Hermanto Asrori

Editor: Lizikri Damar

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan