Sinergi Merketplace - simpleaja.id
Ilustrasi Suntik Vaksin (Foto Istimewa)
Ilustrasi Suntik Vaksin (Foto Istimewa)

INILAH JENIS VAKSIN YANG SANGGUP LAWAN VARIAN OMICRON

SinergiNews – Jakarta, 19/12/2021. Vaksin COVID-19 merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan kekebalan tubuh dari serangan virus Corona, terutama varian Omicron. Kabar sebelumnya, varian Omicron kini telah masuk ke Indonesia.

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan, menyatakan bahwa kasus pertama Omicron Indonesia adalah petugas kebersihan Wisma Atlet tanpa memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Menkes juga menyatakan bahwa pasien Omicron tersebut tidak mengalami gejala apapun yang bersangkutan dengan COVID-19 dan bahkan, sudah berstatus negatif.

Melansir berbagai sumber, terdapat tiga dosis dari jenis Vaksin BioNTech-Pfizer yang disebut bisa menetralkan varian Omicron. Ini berdasarkan dari uji laboratorium produsen vaksin COVID-19 tersebut.

“Garis pertahanan utama dengan dua dosis vaksin mungkin bisa menjadi kompromi dan perlu tiga dosis vaksinasi untuk memulihkan perlindungan,” jelas Chief Medical Officer BioNTech, Ozlem Tuereci dalam konferensi pers.

Kedua perusahaan ini juga mengatakan kemungkinan vaksin upgrade untuk varian Omicron akan hadir pada Maret 2022 mendatang.

Seorang profesor Vanderbilt dan mantan direktur program Imunisasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, dr. Walter Orenstein menyatakan bahwa vaksin saat ini masih bisa digunakan untuk melawan varian Omicron.

Silakan Baca Juga :  MULAI ESOK BELI BBM VIA MYPERTAMINA, BERIKUT CARA DAFTARNYA

“Kita mungkin tidak perlu mengganti vaksinnya. Kita mungkin bisa bertahan dengan vaksin saat ini, setidaknya untuk menekan penyakit parah,” tuturnya.

 

GEJALA VARIAN OMICRON

Meski begitu, kita juga perlu mengetahui gejala apa saja yang timbulkan dari varian Omicron. Melansir berbagai sumber, berikut gejala berdasarkan hasil pengamatan kasus di Afrika Selatan.

  • Flu
  • Batuk kering
  • Demam
  • Berkeringat
  • Nyeri pada banyak bagian tubuh
  • Kelelahan
  • Tenggorokan gatal dan tidak batuk
  • Tidak kehilangan indra perasa dan penciuman

 

Selain gejala di atas, ada juga gejala spesifik dari varian Omicron:

  • Terasa gatal aneh di tenggorokan
  • Kelelahan yang ekstrem
  • Nyeri otot
  • Keringat malam
  • Batuk kering yang berlanjut.

 

Agar tercegah dari penyebaran virus Corona, terutama varian Omicron, berikut sederet upaya yang dapat dilakukan:

  • Menjaga jarak fisik minimal 1 meter dari orang lain
  • Memakai masker
  • Hindari ruangan yang berventilasi buruk atau ramai
  • Menjaga tangan tetap bersih setelah memegang benda di tempat umum
  • Membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi
  • Segera mendapatkan vaksin.
Silakan Baca Juga :  FIX! GBLA DAPAT LAMPU HIJAU GELAR PIALA PRESIDEN

 

MANFAAT VAKSIN COVID-19

Selain untuk lawan Varian Omicron, apa saja sih manfaat vaksin yang kita dapatkan? Dikutip dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC), berikut empat manfaat vaksin COVID-19.

 

1. MEMINIMALISIR PENYEBARAN VIRUS

Vaksin COVID-19 sudah terbukti efektif untuk mencegah seseorang terinfeksi virus Corona. Dan jika seseorang terinfeksi, vaksin yang bisa membantu untuk meminimalisir penyebaran virus ini.

Meskipun sudah divaksin dan masih terpapar COVID-19, maka vaksin tersebut berfungsi mencegah gejala parah yang diakibatkan oleh virus Corona.

 

2. MEMBENTUK ANTIBODI

Selain mencegah penyebaran, vaksin COVID-19 terbukti dapat membantu bentuk respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh, lho. Bahkan, bisa terbentuk juga pada orang yang sudah pernah terinfeksi COVID-19.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vaksin terbukti menyediakan perlindungan bagi orang-orang yang sebelumnya pernah terpapar virus COVID-19.

Silakan Baca Juga :  PUTRA INDRAMAYU IKUTI PELATIHAN GRATIS PPSDM MIGAS CEPU

 

3. MELINDUNGI ORANG SEKITAR

Manfaat vaksin COVID-19 berikutnya adalah, kita dapat membantu melindungi orang lain dari penyebaran virus Corona. Sebab, jika terinfeksi virus Corona, kita berisiko dapat menularkan virus ini ke orang lain sekitar kita. Untuk itu, vaksin COVID-19 sangat perlu dan menjadi upaya terbaik dalam mencegah penularan virus Corona.

 

4. MENCIPTAKAN HERD IMMUNITY

Semakin banyak orang yang melakukan vaksin suatu wilayah atau negara, maka kekebalan kelompok atau herd immunity akan semakin tinggi dan tercapai. Hal ini tentunya dapat meminimalisir risiko paparan dan mutasi dari virus COVID-19. Selain itu, semakin tinggi herd immunity suatu wilayah atau negara, semakin tinggi juga harapan untuk kembali pada aktivitas normal sebelum pandemi COVID-19.***

 

 

Jurnalis: Badiwi Sinergi

Editor: Lizikri Damar

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan