Sinergi Merketplace - simpleaja.id
“Toilet Gratis” tertulis pada pintu masuk toilet. Sejak 1 Januari 2022, fasilitas toilet di pusat kuliner TVJ Kota Magelang gratis untuk pengunjung. (foto, Hermanto Sinergi)
“Toilet Gratis” tertulis pada pintu masuk toilet. Sejak 1 Januari 2022, fasilitas toilet di pusat kuliner TVJ Kota Magelang gratis untuk pengunjung. (foto, Hermanto Sinergi)

TOILET GRATIS UNTUK PENGUNJUNG TVJ KOTA MAGELANG

SinergiNews – Kota Magelang, 05/01/2022. Walikota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz, mulai mewujudkan janji kampannyenya. Salah satunya adalah menggratiskan toilet umum pusat kuliner Tuin Van Java (TVJ), Alun-Alun Kota Magelang.

Toilet gratis ini berlaku mulai 1 Januari 2022. Sebelumnya, penggunaan fasilitas toilet umum alun-alun berbayar Rp2.000,00, agar kebersihannya terjaga. Untuk biaya operasional toilet, menjadi tanggungan seluruh pedagang TVJ. “Ini perintah walikota, jadi harus kita laksanakan,” kata Ketua Paguyuban PKL Tuin Van Java, Sugiyarto, Selasa (04/01/2022).

Silakan Baca Juga :  ALUN-ALUN KOTA MAGELANG DITUTUP SAAT PERGANTIAN TAHUN

Ia berharap, fasilitas toilet gratis ini akan mendongkrak kunjungan ke TVJ. Meskipun diakui, pengeluaran paguyuban menjadi bertambah.

Terselip harapan, kebijakan ini mendapat evaluasi. Atau, sebagian beban biaya menjadi tanggungan pemerintah.

Mengingat masih pandemi COVID-19, dan keramaian pusat kuliner belum begitu pulih. Sugiyarto menghitung, biaya operasional untuk toilet tersebut Rp9.000.000,00 per bulan. Belum termasuk pengeluaran biaya perbaikan sarana dan prasarana yang rusak, maupun penyedotan limbah toilet.

Silakan Baca Juga :  HEBOH, GELAR OPERASI LILIN DI SITU CIPANTEN

Pengeluaran bisa membengkak. Kemudian, paguyuban juga masih mengeluarkan biaya perawatan dan perbaikan untuk shelter, tagihan listrik dan air.

Yang bisa pihaknya lakukan saat ini memaksimalkan penarikan iuran kepada seluruh pedagang. Baik yang berjualan maupun yang libur, Rp250.000,00 per bulan. “Ya untuk melengkapi dana yang kita butuhkan ini,” tambah Sugiyarto.

Kebijakan toilet gratis ini, telah tersosialisasikan melalui mural buatan DLH Kota Magelang. Pada pintu masuk toilet, terdapat gambar-gambar dedaunan dan beberapa jenis burung, serta tulisan “Toilet Gratis” berwarna putih. Namun demikian, paguyuban pedagang di TVJ masih akan memasang informasi tambahan di area dalam toilet.***

Silakan Baca Juga :  KORBAN BEGAL DIBUI, POLISI: KAMI TELAH LAKUKAN HAL TERBAIK

Jurnalis: Hermanto Asrori

Editor: Lizikri Damar

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan