Sinergi Merketplace - simpleaja.id
ASN
Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Kemenpan RB)

TENAGA HONORER TAK AKAN LANGSUNG DISTOP DI 2023

SinergiNews – DKI Jakarta, 06/06/2022. Penataan tenaga non-Aparatur Sipil Negara (ASN) pada pemerintah pusat maupun daerah adalah bagian dari langkah strategis untuk membangun SDM yang lebih profesional dan sejahtera. Sebab tidak jelasnya sistem rekrutmen tenaga honorer berdampak pada pengupahan yang kerap kali di bawah upah minimum regional (UMR).

Silakan Baca Juga :  DIRUT: KELAS STANDAR BPJS KESEHATAN BUKAN UNTUK TUTUPI DEFISIT

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo menegaskan, strategi ini adalah amanat UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN yang disepakati bersama DPR RI. “Tenaga honorer sekarang kesejahteraannya jauh di bawah UMR. Pemerintah dan DPR mencari jalan agar kompensasi tenaga honorer bisa setara dengan UMR,” jelas Tjahjo, Sabtu (04/06/2022).

Silakan Baca Juga :  PEMERINTAH TETAPKAN IDUL ADHA 10 JULI, ASISTEN SEKDA: HARUS DIPATUHI

Banyak anggapan yang mengatakan bahwa pengangkatan tenaga non-ASN adalah perintah pemerintah pusat. Tjahjo menjelaskan bahwa anggapan tersebut adalah salah.

Sejak tahunan lalu, rekrutmen tenaga honorer diangkat secara mandiri oleh masing-masing instansi. Agar ada standardisasi rekrutmen dan upah, kini tenaga non-ASN itu diharapkan dapat ditata.

Silakan Baca Juga :  KAPOLRES MAGELANG KOTA LEPAS PERSONEL PURNA BHAKTI

Dengan skema itu, pengangkatan tenaga non-ASN harus sesuai dengan kebutuhan instansi. Untuk mengatur bahwa honorer harus sesuai kebutuhan dan penghasilan layak sesuai UMR, maka model pengangkatannya melalui outsourcing.

About Tarja Sinergi

Tinggalkan Balasan