Sinergi Merketplace - simpleaja.id

GERAKAN PANGAN MURAH MENYAMBUT HARI RAYA IDUL ADHA

SinergiNews-Ambon, 27/06/2023. Gerakan pangan murah di lakukan secara bersamaan di seluruh wilayah Negara republik Indonesia yang di lakukan secara online melalui aplikasi zoom. Kegiatan tersebut di ikuti pula oleh seluruh kabupaten kota di Provinsi Maluku termasuk kota Ambon yang berpusat di masing-masing tempat.

Untuk kota Ambon, acara gerakan pangan murah berlangsung di tribun lapangan merdeka Ambon di hadiri oleh Penjabat Walikota Ambon dan istri. Kemudian Kajari Maluku, para kepala dinas dan unsur OPD pada pemerintah kota Ambon yang berlangsung pada tanggal 26/06/2023.

Penyerahan Bahan Sembako Secara Simbolis Oleh Penjabat Walikota Ambon Kepada Masyarakat

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Watimena dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan pangan murah, stabilisasi pasokan dan harga pangan adalah program nasional. Dengan tujuannya yaitu menjaga stabilisasi pasokan harga pangan pokok baik tingkat produsen maupun konsumen. Kemudian meningkatkan akses pasar bagi produsen dengan pangan pokok serta kemudahan akses bahan pangan bagi konsumen dengan harga yang terjangkau.

Silakan Baca Juga :  BEGINI KONDISI TERKINI BANJIR DI MAJENANG CILACAP

Watimena menambahkan membangun jaringan distribusi pangan untuk memudahkan stabilisasi pasokan dan harga pangan di tingkat konsumen. Kegiatan ini di lakukan secara inklusif dan melibatkan semua sektor dan di harapkan adanya sinergitas pemerintah dan stakeholder pembangunan lainnya. Sebagaimana arahan Presiden pada pembukaan rapat koordinasi nasional kepala daerah dan forkopimda se-Indonesia pada bulan Januari lalu.

Adapun poin arahan Presiden yaitu terkait pengendalian inflasi, pantau lansung harga pangan di lapangan, karena merupakan isu strategi nasional. Saat ini harga beberapa kebutuhan bahan pokok sedang mengalami kenaikan sebagai dampak dari perang Rusia dan Ukraina. Kemudian di akibatkan oleh perubahan cuaca ekstrim dan khawatirnya terjadi krisis pangan global yang berdampak pada daerah kita, “Kata Watimena”.

Silakan Baca Juga :  INVESTASI DAERAH TARIK PEMODAL DAN BUKA LAPANGAN KERJA

Tujuan Pelaksanaan Pangan Murah

Karena itu harus tetap waspada dan melakukan upaya-upaya kongkrit untuk terus menjaga stabilisasi harga pangan dan pasokan kota ini. Saya yakin kegiatan gerakan pangan murah kerja sama para distributor, Bulog, BI, dinas pertanian dan pangan Kota Ambon, “imbuh Watimena”.

Pelaksanaan kegiatan pangan murah di laksanakan pada hari ini dengan memasarkan beberapa komoditi bahan pokok di antaranya beras, minyak goreng kita. Kemudian gula, telur, bawang merah, bawang putih, kangkung, sawi, cabe rawi, cabe kriting serta produk lain yang menjadi kebutuhan dasar. Dinas pertanian ketahanan pangan sebagai OPD yang di berikan mandat untuk membangun ketahanan pangan masyarakat di harapkan lebih giat lagi, “harap Watimena”.

Dinas pertanian dan ketahanan pangan kota Ambon diharapkan melakukan terobosan dan inovasi pertanian di berbagai bidang. Guna meningkatkan persediaan kita terutama pangan bagi masyarakat kota Ambon, “kata Watimena”.

Silakan Baca Juga :  KINERJA SATGAS DESA TEGALTIRTO SLEMAN ATASI COVID-19

Watimena menambahkan, Kota Ambon di bulan Mei mengalami kenaikan inflasi yang cukup signifikan, karena awalnya di bulan April ada di angka 4,86. Sedangkan pada bulan Mei naik menjadi 5,03 dan keadaan ini tentu sangat dipengaruhi oleh harga bahan pokok yang ada di pasar. Dan pemerintah kota sudah berupaya untuk melakukan langkah-langka pengendalian inflasi tetapi kita diperhadapkan dengan cuaca yang ekstrim.

Beberapa bahan pokok mengalami kenaikan, seperti kangkung, bawang, dan ikan, yang masuk dalam bahan pokok yang meningkat cukup signifikan. Kenaikan tersebut berdampak pada kenaikan indflasi di kota Ambon, dan kalaupun tiba saat baru kita melakukan kegiatan pengendalian, maka percuma, “tutup Watimena”.

Editor/Jurnalis : Sehe Tamalene

About Sehe Sinergi

Tinggalkan Balasan