Sinergi Merketplace - simpleaja.id
makam
Makam keramat yang berada di tengah sawah, tidak jauh dari lokasi Pasar Gentongan, Dukuh Gentongan, Desa Jogosetran, Kec. Kalikotes Kab. Klaten, Jateng. (Foto: Sadikin Sinergi)

MENGUAK TABIR MAKAM KERAMAT PENDIRI DUKUH DARI ABAD 19

Makam Nyai Gentong, terletak Dukuh Gentongan, Desa Jogosetran, Kec. Kalikotes Kab, Klaten, Jateng. (Foto: Sadikin Sinergi)

“Dulu masyarakat percaya bahwa setiap rumah itu harus menghadap ke selatan (menghadap makam, red) karena bila itu tidak dilakukan, akan terjadi sebuah pantangan. Tapi saat ini masyarakat sudah tidak menjalankan pedoman tersebut, Mas, karena terkait dengan lokasi ruko-ruko yang tidak sepenuhnya bisa menghadap selatan,” imbuhnya.

Silakan Baca Juga :  ASN PELESIRAN DIAM-DIAM, DIJAMIN LANGSUNG KETAHUAN

Pantauan SinergiNews, seperti yang tertera dengan jelas pada batu nisan Kyai dan Nyai Gentong, makam tersebut terakhir kali mengalami rekonstruksi pada 26 September 1954. Hal itu dapat membuktikan bahwa sejak pembukaan alas wilayah Dukuh Gentongan hingga saat ini, Pasar Gentongan mulai mengalami perkembangan-perkembangan menjadi sebuah ruko dan pertokoan.

Silakan Baca Juga :  KEPENGURUSAN BARU PGRI GERAK CEPAT EKSEKUSI PROKER

Perkembangan itupun juga selaras dengan ramainya para pengunjung yang bertansaksi di pasar ini, baik masyarakat setempat maupun oleh masyarakat Klaten. Akhirnya Pasar Gentongan menjadi pasar terbesar Kecamatan Kalikotes dibanding dengan pasar-pasar setempat lainnya.***

Kontributor: Muhammad Sadikin

Silakan Baca Juga :  DANA READY, STADION SANGKURIANG BAKAL MULAI PERBAIKAN

Editor: Damar

About Tim Redaksi

Tim Redaksi SinergiNews adalah akun resmi yang digunakan oleh para crew Redaksi SinergiNews. Penanggungjawab akun ini adalah Wakil Pimpinan Redaksi, yaitu Lizikri Damar.

Tinggalkan Balasan